TOYOTA AVANZA

  • Low MPV
  • 1300 / 1500 cc
  • Bensin
  • 7 Penumpang
0 Review
Harga OTR Jakarta Mulai Rp 188 Juta - 203 Juta
    Pilih Warna Mobil Anda

      * Warna di atas dapat berbeda dengan warna mobil sesungguhnya

      List Harga Per Tipe Mobil

      Lihat Semua Promo
      Belum menemukan promo yang pas ?
      Dapatkan penawaran Toyota Avanza
      *Tanpa dipungut biaya

      Tentang Toyota Avanza

      PT Toyota Astra Motor resmi menghadirkan versi terbaru mobil 'sejuta umat' yang dinamai Grand New Avanza. Label ‘Grand New’ yang tersemat pada nama Toyota Avanza pastinya akan membuat Anda membayangkan sosok Toyota Avanza yang benar-benar ‘grand’ dan ‘new’. Mobil yang menjadi rival bagi Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio memang berbeda sekali, label grand kali terwakili oleh desain eksterior New Toyota Avanza yang tampil dengan konsep bodi yang lebih terlihat mewah dan stylish.

      Toyota memang telah menggunakan peluang ini dengan sangat baik dengan mengusung MPV mini bergengsi dan idaman masyarakat, Toyota Avanza, yang hadir dengan wajah terbaru di Indonesia dibawah nama Grand New Toyota Avanza. Mobil MPV mini dengan 7-dudukan ini dirancang oleh Daihatsu dan dihadirkan sebagai saudara dari Daihatsu Xenia di pasar Indonesia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan di Gaikindo Auto Expo pada tahun 2003 dan mobil ini berhasil meraih angka penjualan sebanyak 100.000 unit pada tahun itu. Nama mobil tersebut merupakan inspirasi dari kata Itali “Avanzato” yang berarti “advance atau terdepan”. Desain eksterior MPV mini ini sengaja dibuat dinamis dan lebar, dan tentu saja wajah terbaru Grand New Avanza ini mengusung gaya lebih agresif dan berwibawa. Di dalam kap Toyota Avanza, anda akan tercengang dengan digunakannya mesin bensin DOHC 16 katup 4 silinder 3SZ-VE 1,5-liter yang telah ditingkatkan dengan teknologi VVTi, jika disederhanakan, Toyota Grand New Avanza ini mampu memproduksi kekuatan sebesar 104 PS di 6000 rpm, sedangkan mesin lainnya yang menawarkan mesin bensin K3-VE 1,3-liter hanya mampu menghasilkan kekuatan maksimal sebesar 96.5 PS pada 6000 rpm. MPV seven-seat dari Toyota ini berhasil memancarkan tampilan ramah dengan pengendaran bergaya, gril depan dinamis dan menawan yang terpancar dari mobil ini memang sulit untuk dilupakan dan dibandingkan dengan MPV lainnya. Untuk aspek interior, anda pun dapat menikmati layar MID pada varian teratasnya (fitur yang biasanya tidak disertakan untuk MPV level dasar), setir dengan sematan tombol-tombol audio dan masih banyak lagi. Kursi-kursi dan trim pintu juga dirancang rumit supaya dapat memberikan ruang lapang yang maksimal sehingga nyaman bagi kaki-kaki. Mobil ini juga mengedepankan keselamatan dengan menyematkan airbag untuk penumpang dan pengemudi. Bila anda bersedia membayar biaya premium, maka bisa mendapatkan varian 1,5 L Toyota Avanza, yang antara lain dijejali dengan fitur ABS dan Bantuan Rem EBD, power steering dan kunci pusat/central lock. Toyota Avanza diluncurkan untuk pasar Indonesia dengan 7 varian – Avanza 1.3 G M/T, 1.3 G M/T Luxury, 1.3 A/T Luxury, 1.3 G A/T, 1.5 G M/T luxury, 1.3 E M/T dan 1.3 E A/T.

      Mesin Toyota Avanza

      Toyota Avanza sebagai mobil kelas komuter (digunakan setiap hari dengan jarak yang jauh) memiliki kapasitas mesin yang mumpuni. Pada Avanza tipe 1.3E Std M/T (1.3 IL, 4 cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-i), mobil ini memiliki kapasitas silinder sebesar 1329cc dengan bahan bakar bensin dan menggunakan sistem EFI, selain itu, daya (95/6.000) dan torsi (121/4.200) yang dihasilkan oleh mesin tersebut dapat dengan mudah dikendalikan oleh para pengemudi pemula atau yang biasa disebut green driver. Dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, Toyota Avanza terbaru ini benar – benar bisa memanjakan penggunanya terlebih yang memiliki mobilitas tinggi dan butuh big spaces agar bisa menampung banyak penumpang / barang. Jika tipe termurah Toyota Avanza ini hanya menghasilkan daya maksimum 95/6.000 dan torsi maksimum 121/4.200, tetapi hal itu tidak terjadi dengan tipe tertinggi Toyota Avanza, Grand New 1.5 G M/T. Dilengkapi dengan mesin 1.5 IL (1496cc), 4 cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-I, Toyota Avanza ini dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 103/6.000, dan torsi maksimum nya mencapai 136/4.200, jauh lebih besar dibandingkan dengan yang menggunakan mesin 1.3 IL. Berikut adalah perbandingan spesifikasinya:

      TOYOTA AVANZA GRAND NEW 1.3 E STD M/T

      Diameter x Langkah(mm)

      :

      72.0 x 79.7

      Perbandingan Kompresi

      :

      11.0 x 1

      Jumlah/Tipe Silinder

      :

      4

      Kapasitas Silinder (CC)

      :

      1329

      Sistem Bahan Bakar

      :

      EFI

      Bahan Bakar

      :

      Bensin

      Daya Maksimum

      :

      95 / 6.000

      Torsi Maksimum

      :

      121 / 4.200

      Tipe Mesin

      :

      1.3 IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i

      Sistem Penggerak Roda

      :

      RWD (Penggerak Roda Belakang)

       

      TOYOTA AVANZA GRAND NEW 1.5 G M/T

      Diameter x Langkah(mm)

      :

      72.0 x 79.7

      Perbandingan Kompresi

      :

      11.0 x 1

      Jumlah/Tipe Silinder

      :

      4

      Kapasitas Silinder (CC)

      :

      1496

      Sistem Bahan Bakar

      :

      EFI

      Bahan Bakar

      :

      Bensin

      Daya Maksimum

      :

      103 / 6.000

      Torsi Maksimum

      :

      136 / 4.200

      Tipe Mesin

      :

      1.5 IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i

      Sistem Penggerak Roda

      :

      RWD (Penggerak Roda Belakang)

       

      Jarak Tempuh, Kekuatan Mesin, dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Avanza

      Sebagai sebuah kendaraan dengan tipe seven-seat, Toyota Avanza ini mampu menempuh jarak tempuh lebih panjang, dengan catatan sejauh 13,2 km/l (angka untuk mesin 1,5-liter) yang pastinya tidak merepotkan pengemudinya untuk sering-sering berhenti mengisi bensin. Teknologi VVT-i yang digunakan dalam mesin 1,5L dengan konfigurasi DOHC 16-katup ini memang tidak memerlukan pengisian tangki bensin terlalu sering, dan kapasitas tangkinya pun cukup memadai yaitu sebesar 45 liter. Mesin 1,3-liter K3-VE dengan 4 silinder, konfigurasi DOHC 16 katup dengan teknologi VVT-i yang diusung mobil ini mampu memproduksi kekuatan output sebesar 96.5 PS pada 6000 rpm dan menghantarkan torsi maksimal sebesar 121 Nm pada 4200 rpm. Mesin bensin 1,5-liter disematkan dalam tipe 1,5E/G/S, dan mampu memberikan kekuatan mentah sebesar 104 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 136 Nm pada 4200 rpm.

      Akselerasi dan Daya Pacu Toyota Avanza

      Dari titik diam, mesin bensin 1,5-liter ini dapat melesat hingga 100 km/jam dalam hitungan waktu kurang dari 13,5 detik, dan untuk MPV level pemula, angka ini memang sungguh mengagumkan. Mesin penggerak roda belakangnya mampu menyemburkan kekuatan prima yang bekerja dengan baik dan mampu memompa kecepatan dengan lebih baik. Kecepatan tertinggi mobil ini tercatat pada 165km/jam di tachometer. Sedangkan performa untuk varian 1,3-liter juga tidak mengecewakan, mampu membalap mulai dari 0 hingga 100 km/jam dalam 15 detik.

      Sasis, Ban, Rem Toyota Avanza

      Mobil dengan sejarah panjang di Indonesia, selalu dinobatkan sebagai mobil terlaris, sampai – sampai ada istilah “mobil apa yang susah disalip? Ya Toyota Avanza, soalnya setiap disalip malah muncul lagi”, sudah tentu memiliki standar sasis dan pengereman yang baik, bayangkan saja jika kapasitas mesin bagus, bisa menempuh dari titik 0km ke 100km dalam waktu 5 detik, tetapi sistem rem nya buruk, maka akan terjadi kecelakaan yang sangat luar biasa. Toyota Avanza tentu tidak seperti itu, di tipe 1.5 G M/T, mobil ini menggunakan velg alloy berukuran 14 atau 15 inci (hanya varian 1.3 E yang menggunakan velg baja ukuran 14 inci). Ukuran ban untuk rim sebesar 14-inci ini adalah 185/70 R14 dan untuk rim sebesar 15-inci adalah alloy 185/65 R15. Lalu sistem pengeremannya di roda depan menggunakan cakram, sementara itu di roda belakangnya menggunakan drum atau yang sering disebut tromol. Jangan pesimis dulu jika anda berpikiran “wah ini sama seperti yang dulu”, karena Toyota Avanza kali ini menyematkan suspensi depan Macpherson Strut with Coil Spring&Stabilizer, lalu suspensi belakang menggunakan 4 Link with Coil Spring&Lateral yang selalu bekerja secara efektif agar membuat anda dan para penumpang nyaman melewati jalanan yang kurang bagus, dan tidak terasa goyang ketika diajak berkendara diatas 80km/h.

      Eksterior Toyota Avanza

      Kembali kepada statusnya sebagai “mobil sejuta umat”, Toyota memang harus membuat banyak perubahan kepada Avanza sehingga konsumen tidak akan pindah ke merk lain, dan tentu saja Toyota menjawab tantangan ini dengan apik. Pada Toyota Avanza, lebih tepatnya Grand New Toyota Avanza kali ini banyak perubahan eksterior yang eye-catching, lebih agresif, dan tentu saja tidak kehilangan identitas dari Avanza tersebut. Hal ini bisa dilihat dari bemper depan yang mengadopsi warna yang sama dengan bodi, lalu grill depan yang telah dirancang dengan tema dinamis, bahkan untuk warna cermin sisi juga mengikuti warna tubuhnya. Namun, ada satu kekurangannya, yaitu cermin sisi tidak dioperasikan secara elektrik.

      Perlengkapan lampu di bagian depan terdiri dari lampu besar reflektor-multi, lampu kabut terang dan bulat, serta indikator tikungan. Spoiler atapnya tetap dipertahankan dengan posisi tinggi, sehingga kendaraan lain yang menghampiri dapat mudah melihat lampu rem kendaraan ini. Lampu-lampu ekor nya pun tersusun konvensional satu sama lain dan mengesankan tampilan rapi nan bersih. Salah satu hal penting lainnya adalah tersedianya spoiler belakang dan wiper yang sangat berguna untuk pengendaraan di hari hujan.

      Interior dan Sound System Toyota Avanza

      Sebagai MPV bagi para pengguna kelas berat (penumpang banyak, barang bawaan banyak, jarak yang jauh), anda mungkin tidak dapat mengharapkan banyak dari Toyota Avanza untuk aspek interiornya, namun bukan berarti mobil ini tidak dapat memanjakan mata anda. Interior mewah yang diusungnya mampu memberikan pengemudinya kesan ‘berkelas’ dengan memaksimalkan gaya konvensional yang dibesut kebanyakan mobil MPV. Kabin di Grand New Toyota Avanza kali ini diklaim lebih kedap daripada tipe pendahulunya sehingga menciptakan kenyamanan berkendara, apalagi jika menghadapi keadaan macet dimana kita membutuhkan konsentrasi tinggi yang terkadang konsentrasi kita buyar karena suara klakson di sekeliling. Kursi juga dibuat lebih empuk dan nyaman agar perjalanan jarak jauh lebih menyenangkan. Penempatan kluster instrumen diletakkan lebih rendah untuk memudahkan pembacaan. Selain itu juga tersedia kontrol-kontrol yang berada di posisi sentral, yang mengatur kipas-udara, ventilasi dan kontrol audio. Toyota Avanza telah dirancang dengan pintar, yang berarti sandaran kursi dan pintu yang lebih tipis. Semua ini dilakukan untuk menambah ruang kaki, selain juga memberikan kenyamanan total bagi para penumpangnya. Setirnya juga disematkan kontrol pengendali Audio di bagian depannya, dengan layar MID yang menampilkan konsumsi bahan bakar dan jarak pengendaraan, bersama dengan fitur-fitur tampilan standar (fitur ini hanya tersedia untuk varian Luxury). Dasbor mobil ini cukup luas untuk membawa dokumen, CD dan barang keperluan lainnya. Avanza juga dilengkapi dengan sistem stock audio yang mumpuni dengan empat pengeras suara. Semua varian Toyota Avanza dilengkapi dengan sistem audio terintegrasi dengan varian teratas mengoperasikan 2-DIN Head Unit dengan Tuner, Pemutar CD, WMA, AUX-Jack, USB dan kompatibel dengan iPod bersama dengan 6 pengeras suara. Varian paling awal mobil ini membesut 1-DIN Head Unit paling primitif, Pemutar CD dengan Tuner, MP3, AUX-Jack dan USB dan 4 pengeras suara, sedikit berbeda dengan varian 1,5 L yang memiliki 6 pengeras suara. Namun untuk audiophile harus disesuaikan dan tersedia pula pemutar audio berat. Melongok ke bagian kabin, Toyota Avanza memang menyakinkan ruang kepala yang memadai dan ruang kaki yang cukup bagi semua penumpangnya. Untuk ukuran bagasi, Toyota Avanza memang juaranya dibandingkan para pesaingnya, dengan kapasitas daya tampung 899 liter.

      Fitur Keselamatan Toyota Avanza

      Walaupun berfokus pada aspek keindahan, namun Toyota juga tidak mengabaikan aspek keselamatannya. Mobil ini dilengkapi dengan sederetan fitur keselamatan yang mampu melindungi pengemudi dan para penumpangnya di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Toyota Avanza kali ini sudah menyematkan ISOFIX, yaitu sebuah fitur keselamatan standar internasional untuk keamanan optimal pemasangan child seat, dan ini berlaku untuk semua tipe dengan harga paling rendah maupun paling tinggi. Selain itu, Toyota Avanza telah memperkuat tubuhnya setingkat lebih baik. Besutan tubuh GOA (Global Outstanding Assessment) diklaim menjadikan pengendaraannya lebih aman. Bila terjadi tabrakan, efek benturan akan disebarkan ke seluruh frame tubuh untuk meminimalkan resiko cedera para penumpangnya. Untuk model teratasnya, yaitu varian 1,5L memiliki airbag SRS ganda untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu juga dibekali dengan sistem pengereman Anti-Terkunci (ABS) yang dipadukan dengan dukungan Pengereman EBD yang mampu memberikan daya cengkram traktif kuat di permukaan jalan. Kedua airbag dan ABS tidak tersedia untuk varian 1,3L.

      Harga Toyota Avanza

      Harga Toyota Avanza dan Toyota Veloz memiliki harga cukup variatif, karena sesuai dengan tipe yang ada. Grand New Toyota Avanza hadir dengan berbagai tipe antara lain, Tipe Grand New Avanza 1.3 G Manual Transmisi, Grand New Avanza 1.3 Automatic Transmisi, Grand New Avanza 1.5 G Manual Transmisi. 

      Tipe / Varian Avanza

      Harga

      Toyota Avanza Grand New 1.3 E Std M/T

      Rp. 188.600.000

      Toyota Avanza Grand New 1.3 E M/T

      Rp. 191.100.000

      Toyota Avanza Grand New 1.3 E Std A/T

      Rp. 199.800.000

      Toyota Avanza Grand New 1.3 E A/T

      Rp. 202.300.000

      Toyota Avanza Grand New 1.3 G M/T Basic

      Rp. 203.900.000

      Toyota Avanza Grand New 1.3 G M/T

      Rp. 208.950.000

      Toyota Avanza Grand New 1.3 G A/T

      Rp. 219.650.000

      Toyota Avanza Grand New 1.5 G M/T

      Rp.221.250.000

      Toyota Avanza Grand New Veloz 1.3 M/T

      Rp. 215.650.000

      Toyota Avanza Grand New Veloz 1.3 A/T

      Rp. 227.450.000

      Toyota Avanza Grand New Veloz 1.5 M/T

      Rp. 227.650.000

      Toyota Avanza Grand New Veloz 1.5 A/T

      Rp.239.450.000

       

      Selengkapnya

      Mobil Bekas Terkait