Bmw Seri I3s

BMW Seri i3s merupakan turunan dari seri i3 yang rilis tahun 2014. Debut tahun 2019, mobil ini menjadi satu dari beberapa mobil listrik pertama di Indonesia.
 
Ada banyak perubahan dengan versi lawas, i3s tidak banyak meniru desain dari pendahulunya. Dari sisi varian model dan teknologinya pun cukup tampak berbeda.
Kehadiran i3s, digadang sebagai kendaraan city car yang ramah lingkungan mengandalkan tenaga yang mumpuni. Rancangannya sukses menarik perhatian sejumlah kemudi.

Mengenal Mobil BMW Seri i3s

BMW termasuk salah satu pelopor kedatangan mobil listrik, yakni dengan produknya i3. Untuk menyambut tahun 2019, telah rilis versi sportnya bernama BMW i3s.
 
BMW seri i3s ini memang bukan satu-satunya mobil listrik yang diluncurkan. Namun, seri i3s tetap menjadi usungan BMW yang murni menggunakan listrik dengan pembaharuan yang konsisten. Terlebih dengan sejumlah fitur yang telah disematkan, i3s menjadi mobil listrik andalan BMW.
 
Desain i3s tampil dengan lebih sporty dilengkapi dengan fasilitas baterai yang berkapasitas tinggi. Hal tersebut menjadikan performa mesin semakin tajam dan sanggup untuk dikendarai jarak jauh berkisar 246 km.
 
Di Indonesia, peluncuran BMW i3s ini diselenggarakan pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show, berlokasi di BSD City Tangerang Banten. Lalu apa saja keunggulan dan fitur yang tersemat di dalam mobil listrik ini?

Kelebihan BMW Seri i3s

Sebagian mobil listrik seri baru, i3s mempunyai penampilan interior dan eksterior yang sangat inovatif yakni modern futuristik. Interiornya menggambarkan secara detail, sementara tampak luarnya cukup menarik perhatian.
 
Dengan dimensinya yang kompak ditambah sasisnya yang rigid namun ringan, menjadikan i3s mudah diajak bermanuver di jalanan. Ia akan bergerak lincah, gesit, dan cekatan.
 
Mempunyai teknologi sistem penggerak dan fitur yang hebat. Tidak memerlukan isi ulang bahan bakar di SPBU, karena mesinnya sudah ditangani dengan full elektrik.
 
i3s memiliki rancangan yang lebih gagah dari versi sebelumnya yaitu seri i3 standar. Ia juga mengalami peningkatan performa mencapai 40% dari pendahulunya.
 
Kendati terlihat mungil, interior BMW seri i3s memberikan akses gerak yang leluasa. Bahkan ruang kaki dan kepala cukup lapang sehingga tidak menolak untuk perjalanan yang lama.
 
Selain itu, masih terdapat beberapa fitur unggulan lainnya. Seperti speedometer digital, jam digital, elektronik multi tripmeter, serta tachometer.
 
Menggunakan lampu depan jenis LED, dengan jok berlapis kulit dan setirnya yang juga berbalut kulit.

Fitur BMW Seri i3s

Untuk penunjang keselamatan berkendara, BMW seri i3s ini mempunyai tiga fitur unggulan. Pertama adalah Active Cruise Control dengan Stop/Go.
 
Kegunaannya adalah untuk mengatur jarak antara mobil dengan kendaraan yang berada di depannya. Fitur ini juga bisa memberikan peringatan kepada pengendara apabila tiba-tiba mengalami penurunan kecepatan.
 
Kedua adalah fitur Active Driving Assistant yang berfungsi untuk menurunkan risiko terjadinya tabrakan yang parah dari bagian depan. Fitur ini merupakan sebuah peringatan sebelum akhirnya mesin melakukan intervensi dengan melakukan pengereman otomatis.
 
Selanjutnya ada fitur yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada sang pengendara apabila ternyata keadaan ban kuran memadai. Peringatan ini timbul sebelum akhirnya terjadi kebocoran hingga menyebabkan ban pecah. Fitur ini disebut Tire Monitoring System.
 
Selain ketiga fitur di atas, beberapa fitur lain yang sifatnya menunjang keselamatan adalah fasilitas seatbelt, headrest, sistem pengereman ABS dan yang lainnya.
 
Sedangkan fitur hiburan dan kenyamanan selama perjalanan, BMW seri i3s dilengkapi dengan sistem pengatur suhu bernama Climate System yang memberikan kemudahan dalam penggunaan. Pengendara bebas memilih, bahkan sistem pengaturan yang paling mendasar sekalipun.
 
Di bagian kursi, mobil i3s dibekali dengan heater untuk menghangatkan tempat duduk secara merata lebih cepat. Sementara desain kursi dan jok mobilnya sudah terancang dengan sangat nyaman.
 
Terdapat pengatur manual di kursi penumpang yang berfungsi untuk mengurang bobot kendaraan. Tiap kursi diberikan tulang penyangga yang pas dengan ketebalan yang selaras, serta disematkan sandaran lengan sehingga bisa lebih nyaman dan memuaskan.
 
Bagian atapnya diberikan sunroof yang dirancang split antara pengendara dan penumpang. Tampilannya tampak seperti dua sunroof, namun sejatinya hanya satu yang dibuat seolah-olah adalah dua.

Spesifikasi BMW Seri i3s

BMW seri i3s memiliki dimensi yang kompak, yakni dengan panjang 4006 mm, lebar 1791 (sudah terhitung dengan spion). Sementara tingginya berkisar 1590 mm, jarak sumbu roda 2570 mm, dan Ground Clearance 131 mm.
 
Untuk pintu berjumlah 4 buah dengan kapasitas tempat duduk 4 kursi. Berat bersih mencapai 1365 kg, sedangkan berat kotor 1730 kg. Kapasitas bagasi muat untuk 260 L.

Mesin Mobil BMW Seri i3s

Detail mesinnya diserahkan pada BMW i3s menggunakan tenaga mesin AC Synchronous Electric Motor. Tipe baterai adalah Lithium-ion berkapasitas 42.2 Kwh/353 V dengan power consumption 14.7 kWh.
 
AC charging (0-100%) mengkonsumsi waktu 4.3 hours dan Estimated Regular Charging memakan waktu 3-11 hours, berkonfigurasi transmisi automatic.

Jarak Tempuh, Kekuatan Maksimal, Juga Konsumsi Bahan Bakar

Dengan dukungan mesin listrik yang mampu menghasilkan 181 Hp dengan torsi maksimum 270- Nm. Kekuatan ini membuatnya lebih cepat ketimbang BMW i3 standar. 
 
Untuk varian Range Extender, mesin mendapatkan generator dua silinder 0,6 liter yang bekerja sama dengan bahan bakar mesin. Model ini memiliki bobot lebih berat karena mesin yang ekstra, kecepatannya pun tidak setara dengan BMW seri i3s yang full electric.

Akselerasi dan Daya Pacu BMW Seri i3s

Dari segi akselerasi dan daya pacu kendaraan mencapai 6,8 detik untuk jarak sejauh 0-96 km/jam. Terbukti 0,4 detik lebih cepat dari versi lawasnya.

Sasis, Ban, dan Rem BMW Seri i3s

Bagian suspensi depan dan belakang adalah Multi-Link. Menggunakan jenis ban Radial berukuran 175/55 R20, Velgnya berjenis Velg Alloy berukuran 20 inch.
 
Ban sengaja dibuat lebih tipis dengan pertimbangan tahan gelinding yang rendah ketimbang cengkraman lateral. Hal ini sangat mempermudah untuk mengatasi cengkeramannya di jalan, terlebih dalam kondisi basah.

Eksterior BMW Seri i3s

Tampak depan BMW seri i3s masih mengadopsi desain versi lamanya. Namun ini menjadi ketertarikan yang utama i3s menjadi mobil yang berperforma tinggi, kecil dan ringan, serta mudah untuk urusan parkir dan akselerasi.
 
Selain itu, bagian depan juga diindahkan dengan sematan automatic high beam dan adaptive LED headlight yang melebur apik ke dalam desain eksterior mobil. Bentuk lampu juga mengalami upgrade-an dari versi sebelumnya.
 
Tampak belakang, Anda bisa menemukan mobil i3s milik BMW lebih tajam dengan bodi berotot. Lampunya bergaya futuristik dengan spoiler mini yang terletak di bagian atas kendaraan.
 
Sedangkan dari bagian samping, eksterior mobil ini mempunyai kesan boxy, namun lega di dalam. Terlebih dengan adanya tarikan garis kaca yang menurun di pintu penumpang, sangat bermanfaat untuk memberikan kelegaan penumpang.

Interior BMW Seri i3s

Pindah ke bagian interior, dimulai dari bagian dashboard dan setir. BMW seri i3s mempunyai sentuhan desain baru, kali ini lebih melengkung dengan perpaduan material yang beragam warna.
 
Terdapat fitur untuk mengoperasikan dan mengatur segala fitur kendaraan yakni dua head unit di bagian atas dashboard.
 
Di bagian setirnya, terdapat tombol adaptive cruise control serta tombol pengaturan volume dan switch audio. Interior paling membedakan adalah posisi tuas transmisinya yang terletak di kanan setir.
 
Pindah ke bagian kabin, di desain dengan desain yang ramah pengguna serta sisi fungsional, sehingga tidak salah lagi apabila i3s menjadi teman terbaik perjalanan Anda. Interiornya sengaja didesain untuk menyediakan ruangan yang lega bagi pengguna.
 
Memilih warna cerah untuk membuat daya tarik dan kenyamanan tersendiri. Baik dari sisi trim pintu, atap, setir, hingga jok.
 
Jok dan kursi bisa diatur bebas ke depan atau belakang. Bantalannya empuk dan bisa diubah ketinggiannya sesuai kebutuhan.
 
Sementara untuk bagasinya, juga bisa dikatakan berlimpah untuk ukuran BMW. Pengguna justru bisa menemukan ruang kosong untuk menyandarkan lengan. Tambahan cup holder untuk penumpang yang duduk di bagian belakang semakin mempertegas bahwa BMW seri i3s didesain dengan mengutamakan keefisienan pengoptimalan ruang.
Selengkapnya

BMW SERI I3S

  • SUV
  • 647 cc
  • Hybrid
  • 5 Penumpang
0 Review
Harga OTR Jakarta Mulai Rp 1 M
    Pilih Warna Mobil Anda

      * Warna di atas dapat berbeda dengan warna mobil sesungguhnya

      List Harga Per Tipe Mobil

      Belum menemukan promo yang pas ?
      Dapatkan penawaran Bmw Seri I3s
      *Tanpa dipungut biaya

      Mobil Bekas Terkait

        Daftar Harga Bmw Seri I3s 2021 di Jakarta

        Tipe / Varian Harga Kredit / Angsuran DP Mulai
        Seri i3s 120 Ah Rp. 1.350.000.000 - -

        Foto & Video

        BMW SERI I3S

        • SUV
        • 647 cc
        • Hybrid
        • 5 Penumpang
        0 Review

        FOTO

        VIDEO