Hyundai IONIQ 5

Hyundai Ioniq 5 resmi meluncur sebagai mobil listrik di Indonesia. Kehadirannya menjadi momentum penting bagi perkembangan kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Ioniq 5 ini yang akan tercatat sebagai mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) pertama. Mobil dari pabrikan besar ini yang produksinya secara lokal.

Ioniq 5 ini yang memulai debut di IIMS Hybrid 2022, namun tak lama berselang mendapatkan anugerah penghargaan tertinggi World Car Awards 2022. Penghargaan yang diterima bukan hanya gelar World Car of the Year 2022. Namun juga mendapatkan World Electric Car of the Year 2022 dan World Car Design of the Year 2022. Mobil listrik ini mendapat penilaian sangat positif dari otomotif dunia. 

Review Hyundai Ioniq 5

Melihat dari segi desain Ioniq 5 tampak begitu mencolok. Saat ini Hyundai melakukan pendekatan desain retro futuristik dan terkesan seperti masih mengusung bentuk konsep. Tampilan yang paling menarik perhatian, pada bagian lampu utama yang dikenal dengan Parametric Pixel Red Headlamp. Kesan futuristic mobil ini terlihat dari front center garnish hidden LED. Bagian belakangnya juga terlihat mirip. Apalagi sebagai penanda untuk varian teratas, Hyundai menggunakan pelek 20 inci dengan desain yang terlihat abstrak.

Dimensi panjang  mobil listrik ini 4.635 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.647. Sementara untuk jarak sumbu roda mencapai 3.000 mm. Perlu Anda ketahui bahwa panjang ini bahkan lebih dari SUV. Ground clearance 160 mm terbilang cukup tinggi untuk jenis kendaraan listrik. Hyundai juga menyediakan beberapa pilihan warnanya. Mulai dari optic white, titan grey metallic, magnetic silver metallic, midnight black pearl, dan gravity gold matte.

Interior yang ditawarkan mobil ini dalam pewarnaan black 1 tone. Kesan futuristik layaknya mobil konsep semakin terlihat. Bahan-bahan yang digunakannya sebagian besar hasil daur ulang. Hal ini menjadi selaras dengan konsep ramah lingkungan. Penggunaan material jok dari botol plastik PET daur ulang. Setiap Hyundai Ioniq 5 memerlukan 32 botol plastik yang didaur dan menjadi benang yang membuat kain pelapis untuk jok. Bahkan juga penggunaan kertas HDPE daur ulang untuk detail bagian pintu.

Semua varian memasangkan head unit digital layar sentuh 12,3 inci. Bukan hanya sebagai pusat hiburan, namun juga menjadi kontrol untuk semua fitur mobil ini. Posisi head unit tersebut berada dalam satu panel dengan instrument cluster digital berukuran serupa. AC otomatis dual zone climate control terdapat pada semua varian.

Sementara untuk wireless charger terbatas pada varian Signature. Fitur keselamatan lainnya pada Ioniq 5 seperti brake assist system, vehicle stability management, emergency stop signal, dan rear occupant alert. Selain itu, juga terdapat fitur standar lainnya. Mulai dari ABS, BAS, ESC, hill start assist, serta electric parking brake dengan auto hold. Bahkan juga terdapat enam airbags pada seluruh kabin.

Segmen Pasar Hyundai Ioniq 5

Sejatinya pabrikan mobil listrik ini menginginkan semua orang dapat menikmati sensasi berkendara mobil listrik berbasis baterai murni. Terlebih terdapat banyak aspek yang berbeda dari mobil konvensional. Oleh karena itu, segmen pasar Hyundai Ioniq 5  tidak terbatas pada usia dan market. Namun untuk yang berpandangan maju, haus akan teknologi, serta tak takut melangkah untuk memperoleh pengalaman berkendara bebas emisi.

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Ioniq 5

Kelebihan dari mobil listrik ini yakni desainnya yang sangat unik dan futuristik. Saat melihatnya dari jauh orang dapat mengenali mobil ini merupakan Ioniq 5. Selain itu, lampu-lampu yang terpasang pada mobil ini sangat futuristik, seolah datang dari masa depan. Mobil listrik ini menggunakan platform E-GMP. Pada ruang kabin mobil ini terlihat sangat luas apabila dibanding dengan hatchback atau crossover sejenisnya.

Mobil Hyundai ini turut menyematkan fitur yang super canggih. Bahkan terdapat fitur yang tidak dimiliki oleh mobil lainnya yakni Vehicle to Load dan SEA. Kapasitas bagasi mobil listrik ini terbilang cukup lebar, namun lantai bagasinya cukup tinggi. Hal ini karena terdapat motor listrik di atas roda belakang sehingga memangkas ruang bagasinya.

Varian Hyundai Ioniq 5

Saat ini Hyundai Ioniq 5 terbagi menjadi dua varian kemewahan, yakni  Prime dan Signature. Sementara itu, masing-masing varian juga tersedia dua jenis baterai, yakni Standard Range dan Long Range. Seluruhnya ada varian 4 dari Ioniq 5 yang ditawarkan di Indonesia. Masing-masing varian memang mendukung jarak tempuh yang berbeda. Bahkan akan tampak ada perbedaan jarak tempuh maksimum untuk tipe baterai Long Range antara varian Prime dan Signature.

Pesaing Hyundai Ioniq 5

Perusahaan yang awalnya berasal dari Inggris, namun saat ini sudah diakuisisi oleh perusahaan asal China. Perusahaan tersebut meluncurkan model MG 4 EV. MG 4 EV mengusung baterai dengan kapasitas 64 kilo Watt hours. Untuk jarak tempuh MG 4 EV 350 hingga 452 km. Model ini akan bersaing dengan Hyundai Ioniq 5, namun performa dari Ioniq 5 lebih unggul.

Perbandingan Hyundai Ioniq 5 dengan Versi Lainnya

Hyundai Ioniq pertama kali meluncur pada ajang Geneva Motor Show 2012 sebagai hatchback hybrid bermesin bensin. Performanya dengan jangkauan total hingga 700 km dan dapat dikendarai dengan baterai listrik dengan jarak tempuh hingga 120 km. Hyundai Ioniq generasi awal tersebut memiliki tiga jenis powertrain yakni hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan BEV. Namun saat ini Hyundai sudah mulai meluncurkan mobil-mobil listrik yang dibangun dengan platform khusus EV seperti Ioniq 5.

Konsumsi Baterai Hyundai Ioniq 5

Untuk konsumsi baterai tipe Standard Range memiliki jarak tempuh maksimal 384 Km. Sementara tipe Long Range Prime dapat mencapai 481 Km, berbeda dengan tipe Long Range Signature yang mencapai 451 Km. Tipe Standard Range memiliki durasi pengisian baterai hingga penuh yakni dengan adapter DC 350 kW selama 46 menit. Namun apabila menggunakan adapter AC sekitar 5 jam. Bahkan untuk tipe Long Range Prime dan Long Range Signature memiliki durasi pengisian baterai dengan adapter DC selama 57 menit. Namun apabila menggunakan adapter AC selama 6 jam.

Performa Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 ini menggunakan dua tipe baterai yang berbeda dan tergantung dengan tipenya. Ioniq dengan tipe Standard Range menggunakan kapasitas baterai 58 kW. Tipe ini menghasilkan tenaga maksimal mencapai 170 ps dan torsi maksimum mencapai 350 Nm. Sementara tipe Long Range menggunakan baterai berkapasitas 72,6 kW. Tipe ini menghasilkan tenaga maksimal mencapai 217 ps dan torsi maksimum mencapai 359 Nm.

Ioniq 5 memang dibangun menggunakan platform E-GMP yakni platform khusus untuk mobil listrik.  Dengan menggunakan E-GMP, maka Hyundai dapat menciptakan desain yang inovatif, ruang kabin yang lapang, dan performa tinggi. Bahkan untuk pengisian baterai yang cepat, serta jarak tempuhnya yang lebih panjang.

Hyundai berusaha menjadi yang terdepan untuk sektor mobil listrik, salah satu yang diunggulkan yakni Ioniq 5. Bagi Anda yang menyukai mobil listrik, maka mobil ini sangat layak dimiliki. Untuk varian termurah akan ditawarkan mulai Rp 680 jutaan dan varian tertinggi seharga Rp799 juta. Kendaraan listrik ini terbilang bukan produk dengan harga yang dapat dijangkau berbagai kalangan. Namun dengan melihat keunggulannya, calon konsumen tentu akan berpikir matang untuk mendapatkan mobil ini.

Selengkapnya

HYUNDAI IONIQ 5

  • Hatchback
  • -
  • Liquid Cooled Lithium-ion
  • 5 Penumpang
0 Review
Harga OTR Jakarta Mulai Rp 718 Juta - 829 Juta
    Pilih Warna Mobil Anda

      * Warna di atas dapat berbeda dengan warna mobil sesungguhnya

      List Harga Per Tipe Mobil

      Belum menemukan promo yang pas ?
      Dapatkan penawaran Hyundai IONIQ 5
      *Tanpa dipungut biaya

      Mobil Bekas Terkait

        Daftar Harga Hyundai IONIQ 5 2022 di Jakarta

        Tipe / Varian Harga Kredit / Angsuran DP Mulai
        IONIQ 5 PRIME - Standard Range Rp. 718.000.000 - -
        IONIQ 5 PRIME - Long Range Rp. 759.000.000 - -
        IONIQ 5 SIGNATURE - Standard Range Rp. 779.000.000 - -
        IONIQ 5 SIGNATURE - Long Range Rp. 829.000.000 - -

        Foto & Video

        HYUNDAI IONIQ 5

        • Hatchback
        • -
        • Liquid Cooled Lithium-ion
        • 5 Penumpang
        0 Review

        FOTO

        VIDEO