Subaru BRZ

Subaru BRZ resmi diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE, BSD Tangerang. Sebelumnya juga ada Subaru Forester dan Subaru ZV yang di kenalkan pada pameran yang sama. Subaru sendiri merupakan salah satu merek mobil yang berasal dari Jepang.

Review Subaru BRZ 2022

Di Indonesia merek satu ini mungkin kurang dikenal masyarakat. Meskipun begitu, sebenarnya mobil dari Subaru juga bukan hal yang termasuk baru. Karena sebenarnya Subaru juga pernah meramaikan pasar Indonesia pada beberapa tahun ke belakang. Namun mobil ini sempat vakum karena masalah tertentu sehingga tidak lagi beredar di Indonesia.

Segmen Pasar Subaru BRZ

Subaru kembali Indonesia dengan memperkenalkan beberapa mobil barunya. Salah satunya yaitu seri BRZ. Akan tetapi sebenarnya mobil ini juga pernah dikenalkan pada tahun 2014 lalu dan dijual secara resmi oleh APM Motor Image. Kini, BRZ kembali hadir semakin lengkap serta tersedia 2 pilihan tenaga mesin yaitu mesin transmisi manual dan juga otomatis.

Desain Interior Subaru BRZ

Interior mobil ini memanfaatkan berbagai teknologi canggih di dalamnya. Pembagian sistem head unit mobil ini sudah menggunakan touchscreen yang berukuran 8 inci dan sudah terkoneksi dengan perangan Apple CarPlay dan Android. Selain itu, head unit ini juga bisa terkoneksi dengan reverse camera, streaming audio, dan juga hand bluetooth.

Kemudian pada bagian panel meter Subaru BRZ ini juga semakin canggih dengan menggunakan sistem digital yang titik fokusnya berbentuk tachometer. Tachometer ini memiliki kelebihan yaitu memberikan tampilan speedometer yang terdigitalisasi. Di sebelah kiri tachometer juga terdapat layar G-Force meter, power display, battery & temperature meter, lap timer, serta trip meter.

Untuk bagian kursi, mobil ini menggunakan konsep 2 + 2 yang mana bisa membuat penumpang di belakang merasa kurang nyaman. Meskipun begitu, bagian bagasi mampu menampung barang dalam jumlah yang lumayan yaitu hingga 243 liter.

Desain Exterior Subaru BRZ

Subaru BRZ memiliki panjang 4240 mm, lebar 1775 mm dan tinggi 1425 mm, serta memiliki ukuran wheelbase 2570 mm. Ukuran ini mampu memberikan ruang yang cukup untuk pengemudi maupun penumpang. Apalagi untuk ruang kaki dan kepala sehingga tidak akan terasa sempit. Mobil ini memiliki beberapa akses sporty mulai dari lampu depan dan lampu sudut bodi yang mengadopsi karakteristik lampu pada mobil Porsche dengan tambahan sedikit modifikasi.

Kesan sport car-nya juga semakin kuat dengan adanya desain grill body depan mobil yang memanjang hingga kebagian fender dan samping mobil. Beralih pada bagian belakang mobil, ducktail menyatu dengan pintu bagasi dan muffler.

Mobil ini memiliki ukuran ban 215/45 R17 dengan ukuran velg alloy 17 inci. Subaru memberikan tujuh varian warna pada mobil ini yaitu warna red, white, black, silver, gray, deep, blue dan black.

Fitur Subaru Subaru BRZ

Subaru menghadirkan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk mobil satu ini. Dilihat dari fitur keselamatan, Subaru BRZ ini memiliki fitur yang cukup lengkap karena menggunakan Subaru EyeSight generasi keempat.

Fitur keselamatan tersebut terdiri atas Pre-Collision Braking System, Sway Warning, Lane Departure, Lead Vehicle Start Alert, dan Adaptive Cruise Control. Khusus pada BRZ transmisi otomatis telah tersedia pilihan High Beam Assist.

Sedangkan pada mobil transmisi manual dibekali dengan Adaptive Control dan Paddle Shifter. Bagian ban, daya cengkramnya mungkin akan terasa lambat namun sebenarnya pengemudi kan merasakan sensasi tersendiri saat melakukan akselerasi di belokan maupun di tikungan. Fitur keselamatan pendukung lainnya yaitu terdapat air bag di bagian depan, electronic brake force distribution, anti-lock braking system, vehicle dynamic control, engine immobilizer dan juga brake assist system.

Subaru BRZ tentunya cocok untuk Anda yang menyukai mobil sport yang memiliki desain cantik dan menarik. Untuk memilikinya Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam  dengan harga Rp 825 juta untuk transmisi manual dan Rp850 juta untuk transmisi otomatisnya. Mobil ini juga cocok untuk Anda yang ingin menjajal pengalaman berkendara dengan mobil sport.

Keunggulan Mobil Subaru BRZ

Mobil ini memiliki beberapa kelebihan yaitu :

• Memiliki transmisi otomatis 6 kecepatan dengan penyempurnaan mode sport ini mampu memenuhi keinginan pengemudi untuk berkendara dengan gaya sporty.

• Bodi mobil mengalami peningkatan kekakuan lentur lateral depan sebesar 60 persen dan peningkatan torsi 50 persen kekakuan. Bodi yang lebih kaku tersebut akan berkontribusi pada peningkatan respons kemudi, traksi yang lebih baik saat menikung dan juga penanganan yang lebih gesit.

• Atap, spakbor depan, dan kap mesin Subaru BRZ yang dirancang menggunakan aluminium juga meningkatkan keselamatan jika suatu saat terjadi tabrakan serta membantu mengurangi bobot untuk meningkatkan kelincahan kendaraan.

• Pengendalian dan respon lebih tajam dengan adanya pelek aluminium 18 inch dengan ban Michelin Pilot Sport 4 sehingga lebih nyaman ketika digunakan berkendara.

• Memiliki kombinasi TFT 7 inch dan segmen LCD kluser pengukur digital mampu membantu pengemudi untuk mengenali informasi penting dengan cepat.

• Memiliki kursi sport berkontur dengan bantalan samping sehingga meminimalkan kelelahan pengemudi.

Mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya yaitu kursi belakang yang mungkin terasa lebih sempit sehingga bisa mengganggu kenyamanan penumpangnya.

Varian Mobil Subaru BRZ

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mobil BRZ ini memiliki dua tipe yaitu transmisi manual dan otomatis. BRZ manual masih menggunakan kopling untuk memindahkan gigi atau ke posisi netral sedangkan transmisi otomatis tidak perlu. Konsumsi bahan bakar transmisi manual juga akan lebih hemat daripada otomatis. Harganya pun lebih mahal mobil transmisi otomatis.

Pada peluncuran Subaru BRZ juga dibarengi dengan Toyota GR86, namun diantara keduanya  tentu memiliki perbedaan. Interior BRZ didominasi warna gelap sedangkan GR86 kombinasi merah dan hitam. Kedua mobil ini juga memiliki fitur keselamatan yang mumpuni serta memiliki fitur mobil yang lengkap. Kelebihannya BRZ memiliki harga yang lebih murah daripada GR86, baik untuk tipe manual maupun otomatisnya.

Pesaing Subaru BRZ

Jika membandingkan Subaru BRZ dengan pesaingnya seperti Mazda CX 5, dari sisi tenaga BRZ memiliki tenaga 233 hp dengan torsi 250 Nm sedangkan CX 5 memiliki tenaga 187 hp dengan torsi 252 Nm. Dengan begitu pun jelas bahwa BRZ lebih bertenga daripada CX 5.

Dari segi harga, CX 5 dibanderol seharga Rp597,7 - 607,7 Juta sedangkan BRZ dibanderol Rp825 - 850 Juta. Harga BRZ lebih mahal namun tentunya sebanding dengan kualitas serta fitur-fitur yang dimiliki.

Kemudian masuk ke interior mobil, BRZ memberikan tampilan kaca depan yang lebih lebar daripada CX 5 sehingga pengemudi BRZ bisa melihat jalanan di depan dengan lebih jelas dan leluasa. Selain itu, BRZ juga memiliki tampilan yang lebih sporty daripada CX 5.

Perbandingan Subaru BRZ Dengan Versi Sebelumnya

Jika membandingkan antara BRZ yang diperkenalkan tahun 2022 dengan BRZ yang diperkenalkan tahun 2012 tentunya terdapat beberapa pembaruan pada BRZ 2022. BRZ hadir dengan model baru yang lebih modern yang kaya fitur daripada model sebelumnya. Dari sisi depan perubahannya yaitu pada lampu yang lebih besar menggunakan lampu projector LED dan LED Daytime Running-Lights dibawahnya.

Desain grillnya juga baru dengan desain desain bumper depan tanpa fog lamp. Subaru BRZ 2022 juga memiliki fender kisi-kisi udara samping yang lebih besar daripada yang lama. Terdapat pula sirip di bagian fender belakang untuk membantu mengoptimalkan aliran udara.

Pada bagian belakang BRZ baru memiliki tapak roda lebih lebar dan memiliki bumper belakang yang di bawahnya terdapat knalpot ganda. Model lampu BRZ lama juga lebih diarahkan pada model baru ini.

Konsumsi Bahan Bakar Subaru BRZ

BRZ transmisi manual memiliki angka konsumsi BBM 9,3 km per liter untuk kendaraan dalam kota. Kemudian 12,75 km per liter jika digunakan untuk luar kota atau jalan tol. Sementara itu untuk tipe otomatis konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros yaitu 10,6 km per liter untuk berkendara dalam kota dan 14,4 km liter jika berkendara di luar kota.

Performa Mesin Subaru BRZ

Subaru BRZ menggunakan mesin bertipe DOHC 16-Valve, Horizontally-Opposed, 4-Cylinder, 4 Stroke, Petrol engine dengan kapasitas 1.988 cc. Performa yang mampu dihasilkan mesin yaitu 142 kW (200 PS) pada putaran mesin 7.000 rpm. Torsi yang mampu dihasilkan yaitu 205 Nm pada putaran mesin 6.400-6.600 rpm.

Bagian suspensi mobil menggunakan tipe MacPherson Strut untuk bagian depan dan Double Wishbone untuk bagian belakang. Keduanya dipercaya mampu menahan getaran yang terjadi saat mobil berjalan sehingga banyak juga produsen mobil yang menggunakan kedua suspensi tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang mobil Subaru BRZ 2022. Pembahasan ini mungkin bisa membantu Anda yang memang tertarik dengan mobil ini dan sedang mencari segala informasi tentangnya.

Selengkapnya

SUBARU BRZ

  • Sedan
  • 2387 cc
  • Bensin
  • 4 Penumpang
0 Review
Harga OTR Jakarta Mulai Rp 825 Juta - 850 Juta
    Pilih Warna Mobil Anda

      * Warna di atas dapat berbeda dengan warna mobil sesungguhnya

      List Harga Per Tipe Mobil

      Belum menemukan promo yang pas ?
      Dapatkan penawaran Subaru BRZ
      *Tanpa dipungut biaya

      Mobil Bekas Terkait

        Daftar Harga Subaru BRZ 2023 di Jakarta

        Tipe / Varian Harga Kredit / Angsuran DP Mulai
        BRZ MT Rp. 825.000.000 Rp 19.577.000 Rp 187.577.000
        BRZ AT Rp. 850.000.000 - -

        Foto & Video

        SUBARU BRZ

        • Sedan
        • 2387 cc
        • Bensin
        • 4 Penumpang
        0 Review

        FOTO

        VIDEO